Entri Populer

Minggu, 28 Oktober 2012

GPS


1.      Definisi Telematika
Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia.

2.      Definisi GPS (Global Positioning System)
GPS adalah singkatan dari Global Positioning System yang merupakan sistem untuk menentukan posisi dan navigasi secara global dengan menggunakan satelit. GPS memiliki 3 segmen diantaranya satelit, pengontrol, penerima/pengguna.
·         Satelit bertugas untuk menerima dan menyimpan data yan diransmisikan oleh stasiun-stasiun pengotnrol, menyimpan dan menjaga informasi waktu berketelitian tinggi.
·         Pengontrol bertugas untuk mengendalikan dan mengontrol satelit dari bumi baik untuk mengecek kesehatan satelit, penentuan dan prediksi orbit dan waktu.
·         Penerima bertugas untuk menerima data dari satelit dan memprosesnya untuk menentukan posisi, arah, jarak, dan waktu yang diperlukan oleh pengguna.

Beberapa kelebihan dari GPS :

  • dapat memberikan informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimana saja di bumi ini tanpa tergantung cuaca.
  • satu-satunya sistem navigasi ataupun sistem penentuan posisi dalam beberapa abad ini yang memiliki kemampuan handal.

Rabu, 24 Oktober 2012

REVIEW ERP COMPIERE


ERP  merupakan suatu sistem informasi yang memplanning sumber daya dimana ERP berkaitan dengan karyawan, gudang, vendor dan customer. Dimana di ERP ini sangat perlu peran customer karena dengan adanya pelayanan  yang memuaskan bagi pelanggan atau konsumen maka pelanggan tidak akan terpikir untuk mencoba pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Di ERP sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.
Compiere merupakan suatu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang saling keterkaitan dengan CRM (Customer Relationship Management) dan software ini bersifat open source. Didalam business partner terdapat form Business Partner,  Vendor, Employee, Bank Account, Location, Contact(user), BP Access, Interest Area.

Beberapa Form yang ada pada Compiere, di antaranya :
1. Business Partner adalah sebuah entity dengan siapa kita melakukan bisnis atau transaksi. Business Partner memiliki rule seperti Customer, Vendor, Employee (orang – orang yang akan dibayar atau membayar dan membutuhkan data), Bank Account, Location, Contact(user), BP Access, Interest Area.


Adapun fungsi dari Business Partner diantaranya :
  • Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi.
  •  Business Partner bisa merupakan suatu Vendor (pemasok), suatu Customer (pembeli) , suatu Employee (karyawan) atau kombinasi dari ke tiganya. Dimana peran dari masing-masing business partner itu sangat saling berkaitan satu sama lainnya. 
  •  Memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.
b. Production Garden Admin merupakan suatu form yang berisi tentang ketersediaan suatu barang untuk proses selanjutnya akan dijual kepada konsumen.


c. Sales Order

Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur. 




d. Shipment (Customer)
            Gunanya untuk mendistribusikan suatu barang kepada pihak konsumen.





Selasa, 16 Oktober 2012

Tugas Konsep Sistem Informasi Lanjut: Studi Kasus SCM PT.Biskuit CHOPRA

Nama     : Bellinda Rianny
Kelas     : 4KA15
NPM       : 12109537



Studi Kasus SCM PT.Biskuit CHOPRA



Supply Chain Management adalah sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir.
 



Penjelasan:
Gambar diatas menunjukkan Supply Chain Management dari Pabrik Biskuit Chopra, dimana di pabrik biskuit tersebut terdiri dari dua divisi yaitu Divisi Pemasok Bahan Baku (Supplier) dan Divisi Pengepakan (Packaging). Masing-masing divisi tersebut mampu menampung semua sumber daya yang dibutuhkan oleh pabrik (perusahaan) dari para pemasok.  Untuk bagian Divisi Pemasok Bahan Baku (Supplier) menampung semua bahan baku diantaranya dari Pemasok Tepung Terigu yang berasal dari Petani Gandum, Pemasok Susu Bubuk yang berasal dari Petani Coklat dan Peternak Sapi, serta Pemasok Mentega, Gula, dan Lemak Nabati yang berasal dari Peternak Sapi, Petani Tebu, dan Penghasil Minyak Nabati. Peternak ayam akan menyupply telur melalui distributor/pemasok , yang disebut dengan distributor/pemasok telur.
Sedangkan untuk Divisi Pengepakan (Packaging) berasal dari Industri Kertas dan Plastik yang akan digunakan sebagai pembungkus.  Untuk bahan baku jadi yang telah diproses oleh pabrik dan distributor akan di supply kepada PT. Biskuit Chopra. Biskuit ini dikemas oleh plastik, kemudian tahap terakhir adalah dibungkus dalam kemasan kaleng agar biskuit tahan lama. Proses  pengemasan produk di lakukan secara teliti agar biskuit tersebut steril untuk dikonsumsi oleh konsumen. Biskuit yang telah jadi siap di kirim kepada distributor lokal dan distributor internasional. Distributor lokal menyalurkan biskuit ke grosir, supermarket,  pasar tradisional, dan pedagang eceran. Distributor internasional menyalurkan biskuit ke supermarket (luar negeri). Lalu produk yang telah disalurkan oleh distributor bisa di nikmati (konsumsi) oleh konsumen di supermarket dan lain-lain.

      Question
• Where do you source your materials? Bahan mentah didapat dari perusahaan yang menghasilkan bahan seperti tepung terigu, gula pasir, cokelat, kaleng, mentega, telur, plastik, lemak nabati dll.

• Where do you process or convert them? Di pabrik bis
kuit CHOPRA itu sendiri.

• What channels of distribution do you use? Chanel di dapat dari mitra kerja perusahaan-perusahaan.
 
• How do you build a strong relationship with your suppliers and customers? Dengan cara meningkatkan kepercayaan kepada para supplier dan menjaga kualitas yang terbaik untuk pelanggan.

• How do you get direct information from your end-consumers? Dengan cara layanan hotline bebas pulsa yang siap membantu pelanggan dalam memenilai kualitas suatu produk.

• What logistics structure should you impose? Tepat waktu, cepat,efisien sehingga kualitas barang terjaga dengan maksimal.

• How do you coordinate your information flows and systems globally? Dengan cara menganalisis setiap data yang ada di dalam system sehingga kekurangan yang ada dapat segera teratasi.

• And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance? Dengan cara memberikan partner business bonus yang besar dalam suatu kurun waktu agar kinerja partner maksimal.