Entri Populer

Rabu, 24 Oktober 2012

REVIEW ERP COMPIERE


ERP  merupakan suatu sistem informasi yang memplanning sumber daya dimana ERP berkaitan dengan karyawan, gudang, vendor dan customer. Dimana di ERP ini sangat perlu peran customer karena dengan adanya pelayanan  yang memuaskan bagi pelanggan atau konsumen maka pelanggan tidak akan terpikir untuk mencoba pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Di ERP sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.
Compiere merupakan suatu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang saling keterkaitan dengan CRM (Customer Relationship Management) dan software ini bersifat open source. Didalam business partner terdapat form Business Partner,  Vendor, Employee, Bank Account, Location, Contact(user), BP Access, Interest Area.

Beberapa Form yang ada pada Compiere, di antaranya :
1. Business Partner adalah sebuah entity dengan siapa kita melakukan bisnis atau transaksi. Business Partner memiliki rule seperti Customer, Vendor, Employee (orang – orang yang akan dibayar atau membayar dan membutuhkan data), Bank Account, Location, Contact(user), BP Access, Interest Area.


Adapun fungsi dari Business Partner diantaranya :
  • Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi.
  •  Business Partner bisa merupakan suatu Vendor (pemasok), suatu Customer (pembeli) , suatu Employee (karyawan) atau kombinasi dari ke tiganya. Dimana peran dari masing-masing business partner itu sangat saling berkaitan satu sama lainnya. 
  •  Memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.
b. Production Garden Admin merupakan suatu form yang berisi tentang ketersediaan suatu barang untuk proses selanjutnya akan dijual kepada konsumen.


c. Sales Order

Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur. 




d. Shipment (Customer)
            Gunanya untuk mendistribusikan suatu barang kepada pihak konsumen.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar