Entri Populer

Selasa, 16 Oktober 2012

Tugas Konsep Sistem Informasi Lanjut: Studi Kasus SCM PT.Biskuit CHOPRA

Nama     : Bellinda Rianny
Kelas     : 4KA15
NPM       : 12109537



Studi Kasus SCM PT.Biskuit CHOPRA



Supply Chain Management adalah sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir.
 



Penjelasan:
Gambar diatas menunjukkan Supply Chain Management dari Pabrik Biskuit Chopra, dimana di pabrik biskuit tersebut terdiri dari dua divisi yaitu Divisi Pemasok Bahan Baku (Supplier) dan Divisi Pengepakan (Packaging). Masing-masing divisi tersebut mampu menampung semua sumber daya yang dibutuhkan oleh pabrik (perusahaan) dari para pemasok.  Untuk bagian Divisi Pemasok Bahan Baku (Supplier) menampung semua bahan baku diantaranya dari Pemasok Tepung Terigu yang berasal dari Petani Gandum, Pemasok Susu Bubuk yang berasal dari Petani Coklat dan Peternak Sapi, serta Pemasok Mentega, Gula, dan Lemak Nabati yang berasal dari Peternak Sapi, Petani Tebu, dan Penghasil Minyak Nabati. Peternak ayam akan menyupply telur melalui distributor/pemasok , yang disebut dengan distributor/pemasok telur.
Sedangkan untuk Divisi Pengepakan (Packaging) berasal dari Industri Kertas dan Plastik yang akan digunakan sebagai pembungkus.  Untuk bahan baku jadi yang telah diproses oleh pabrik dan distributor akan di supply kepada PT. Biskuit Chopra. Biskuit ini dikemas oleh plastik, kemudian tahap terakhir adalah dibungkus dalam kemasan kaleng agar biskuit tahan lama. Proses  pengemasan produk di lakukan secara teliti agar biskuit tersebut steril untuk dikonsumsi oleh konsumen. Biskuit yang telah jadi siap di kirim kepada distributor lokal dan distributor internasional. Distributor lokal menyalurkan biskuit ke grosir, supermarket,  pasar tradisional, dan pedagang eceran. Distributor internasional menyalurkan biskuit ke supermarket (luar negeri). Lalu produk yang telah disalurkan oleh distributor bisa di nikmati (konsumsi) oleh konsumen di supermarket dan lain-lain.

      Question
• Where do you source your materials? Bahan mentah didapat dari perusahaan yang menghasilkan bahan seperti tepung terigu, gula pasir, cokelat, kaleng, mentega, telur, plastik, lemak nabati dll.

• Where do you process or convert them? Di pabrik bis
kuit CHOPRA itu sendiri.

• What channels of distribution do you use? Chanel di dapat dari mitra kerja perusahaan-perusahaan.
 
• How do you build a strong relationship with your suppliers and customers? Dengan cara meningkatkan kepercayaan kepada para supplier dan menjaga kualitas yang terbaik untuk pelanggan.

• How do you get direct information from your end-consumers? Dengan cara layanan hotline bebas pulsa yang siap membantu pelanggan dalam memenilai kualitas suatu produk.

• What logistics structure should you impose? Tepat waktu, cepat,efisien sehingga kualitas barang terjaga dengan maksimal.

• How do you coordinate your information flows and systems globally? Dengan cara menganalisis setiap data yang ada di dalam system sehingga kekurangan yang ada dapat segera teratasi.

• And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance? Dengan cara memberikan partner business bonus yang besar dalam suatu kurun waktu agar kinerja partner maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar