Entri Populer

Minggu, 28 Oktober 2012

GPS


1.      Definisi Telematika
Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia.

2.      Definisi GPS (Global Positioning System)
GPS adalah singkatan dari Global Positioning System yang merupakan sistem untuk menentukan posisi dan navigasi secara global dengan menggunakan satelit. GPS memiliki 3 segmen diantaranya satelit, pengontrol, penerima/pengguna.
·         Satelit bertugas untuk menerima dan menyimpan data yan diransmisikan oleh stasiun-stasiun pengotnrol, menyimpan dan menjaga informasi waktu berketelitian tinggi.
·         Pengontrol bertugas untuk mengendalikan dan mengontrol satelit dari bumi baik untuk mengecek kesehatan satelit, penentuan dan prediksi orbit dan waktu.
·         Penerima bertugas untuk menerima data dari satelit dan memprosesnya untuk menentukan posisi, arah, jarak, dan waktu yang diperlukan oleh pengguna.

Beberapa kelebihan dari GPS :

  • dapat memberikan informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimana saja di bumi ini tanpa tergantung cuaca.
  • satu-satunya sistem navigasi ataupun sistem penentuan posisi dalam beberapa abad ini yang memiliki kemampuan handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar