Entri Populer

Jumat, 20 Juli 2012

Alur Perekrutan Nasabah pada Asuransi Sinarmas

Alur Perekrutan Nasabah pada Asuransi Sinarmas

Bagian Marketing
·         Mencari calon nasabah
·         Memberikan brosur
·         Melayani pelanggan untuk mengisi quotation
·         Menerima quotation (formulir pendaftaran) dari nasabah
·         Mencocokkan data formulir yang sudah diisi sesuai dengan kebutuhan perusahaan
·         Mengunggah quotation untuk diberikan ke bagian Underwriting
·         Menerima pembayaran premi dari calon pelanggan nasabah
·         menawarkan tertanggung untuk memperpanjang masa berlaku polis.
·         Jika pelanggan ingin memperpanjang (renewal), maka bagian marketing akan membuat quotation baru perpanjangan umur polis. 
·         Menerima hasil check-up kesehatan
·         melakukan pengecekan ulang dan penyesuaian apabila ada perubahan atas tanggungan yang diinginkan.
·         menyerahkan semua laporan atau surat tersebut kepada kepala HRM untuk disetujui atau ditandatangani sebagai hasil kesepakatan.
·         membuat laporan data karyawan baru yang akan diberikan kepada Divisi Payroll

Bagian Underwriting
·         menugaskan bagian survei untuk melakukan survei terhadap kondisi sebenarnya berdasarkan data dari quotation. 
·         Mengembalikan formulir pendaftaran dan pembayaran premi kepada tertanggung, karena tertanggung dianggap tidak memenuhi syarat untuk diasuransikan, maka pengajuan polis akan ditolak
·         memiliki pertimbangan tersendiri untuk menentukan apakah quotation disetujui atau tidak.
·         Mengecek ulang data yang telah diinput oleh bagian Policy Service, apabila cocok maka akan dicetak polisnya.

Bagian Policy service
·         menginput data tertanggung ke dalam database dan dibuatkan SPPA (Surat Permintaan Penutupan Asuransi).
·         mencetak kwitansi premi yang untuk diberikan kepada pemegang polis dan bagian keuangan.

Bagian HRM (Human Resources Management)
·         menerima laporan polis dari underwriting
·         menandatangani polis tersebut sebagai tanda persetujuan
·         menerima semua laporan atau surat tersebut dari bagian marketing
·         menandatangani semua laporan atau surat tersebut sebagai hasil kesepakatan
·         menyerahkan semua laporan atau surat tersebut kepada Direktur utama untuk meminta persetujuannya.

Bagian Payroll/ Register Staff
·         Melakukan pencatatan data nasabah baru ke dalam Sistem Andal dan Sistem Absensi perusahaan.
·         laporan nasabah baru tersebut akan diarsip sementara

Bagian Direktur Perusahaan
·         menerima hasil pembayaran premi dari bagian underwriting
·         menandatangani polis tersebut sebagai tanda persetujuan dari HRM
·         Jika Direktur utama menolak dan tidak menandatangani atau tidak menyetujui, maka para calon nasabah akan diterminasi atau ditolak dan akan dikembalikan pembayaran premi
·         jika Direktur Utama menyetujui dan menandatangani kesepakatan karyawan diterima, maka Bagian Marketting akan membuat dan mencetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar