Entri Populer

Selasa, 17 Juli 2012

Tingkat Motivasi


Tingkat Motivasi

            Motivasi adalah satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Selain itu, kata motivasi seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dengan adanya dorongan dari seseorang, kita mampu memperoleh apapun yang kita inginkan. Ada beberapa tingkat motivasi yaitu, tingkat political, tingkat emotional dan tingkat spiritual.
            Tingkat motivasi yang pertama adalah tingkat political. Tingkat ini membahas tentang suatu kegiatan yang hanya melakukan apa yang disuruh oleh seseorang. Seseorang yang memiliki tingkat ini bisa diartikan bahwa dia hanya melakukan suatu tugas yang diperintahkan saja dan tidak mau mengembangkan diri untuk melakukan sesuatu yang lebih. Tingkat motivasi kedua adalah tingkat emosional. Tingkat ini membahas tentang suatu motivasi untuk melakukan suatu kegiatan sesuai kemauan dan ekspresif. Seseorang yang memiliki tingkat ini bisa diartikan bahwa dia melakukan tugas sesuai kemauan dia juga dia melakukan lebih dari apa yang ditugaskan karena semakin dia mengerjakan tugas maka semakin baik yang didapat. Tingkat motivasi yang ketiga adalah tingkat spiritual. Tingkat ini membahas tentang adanya motivasi atau dorongan yang lebih dikuatkan dengan agama juga usaha kita. Tingkat ini membahas tentang seseorang yang melakukan suatu kegiatan lebih dari apa yang diperintahkan juga selaras dengan dorongan spirit atau agama. Tingkat ini sangat bagus bagi seseorang yang ingin kehidupannya lebih baik lagi.
            Saya pribadi berpendapat bahwa tingkat motivasi yang saya miliki adalah tingkat spiritual. Sebagai contoh, terkadang saya melakukan tugas lebih dari apa yang diperintahkan dosen. Selain itu saya juga melakukan dengan niat ridho Allah dan diiringi dengan kuatnya agama. Karena orang tua saya mengajarkan bahwa sesuatu hal yang kita kerjakan harus selaras, serasi dan seimbang dengan spiritual atau agama. Saya juga yakin dengan kuatnya agama, sesuatu yang kita kerjakan akan berjalan dengan lancar sesuai ridho Allah SWT. Karena Allah senantiasa mempermudah umatnya dalam berusaha dan kita sebagai umat-Nya tak luput berdoa dan bertawakal agar memperoleh hasil yang kita inginkan.
            Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan suatu tugas atau kegiatan diiringi dengan spirit atau agama. Karena dengan dikuatkan agama maka apa yang kita lakukan akan dipermudahkan oleh Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar