Entri Populer

Kamis, 05 April 2012

Langkah PSSI dalam Menghadapi Sanksi oleh FIFA

Seperti yang kita ketahui perkembangan sepak bola di Indonesia masih kurang optimal. Ditambah lagi dengan masalah PSSI yang diisukan mendapat sanksi oleh FIFA. Pihak PSSImengaku enggan disalahkan jika sepak bola Indonesia dikenakan sanksi oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Hal itu dikemukakan Wakil Sekjen Bidang Luar Negeri PSSI Rudolf Yesayas, saat diminta menanggapi batas waktu dari FIFA untuk menyelesaikan kisruh sepak bola nasional yang jatuh tepat hari ini.

Rudolf mengatakan, PSSI sejauh ini sudah menjalankan amanat dari FIFA untuk menyelesaikan berbagai persoalan mengenai kisruh sepak bola. Salah satu upaya tersebut, kata dia, adalah keinginan untuk merangkul Indonesian Super League (ISL) yang selama ini dianggap sebagai kompetisi ilegal, untuk bergabung di bawah kepengurusan PSSI. Kinerja PSSI yang belum optimal membawa dampak kepada persepakbolaan di Indonesia. Termasuk kisruh yang selalu terjadi pada saat pertandingan sepak bola. Apabila PSSI diberi sanksi oleh FIFA , PSSI enggan disalahkan karena itu bukanlah kesalahan dari PSSI. Pihak PSSI sendiri sudah memenuhi kewajiban seluruhnya.

Apabila pihak PSSI dikenakan sanksi oleh FIFA, kemungkinan besar adalah kesalahan Indonesia dalam menangani berbagai kekisruhan selama ini. Di Indonesia supporter sepak bola kadang membuat keadaan tidak kondusif seperti melempar petasan ke arah lapangan hingga adu mulut dengan lawan supporter. Hal ini sangat memalukan persepakbolaan di Indonesia. Bagaimana bisa persepakbolaan di Indonesia bisa berkembang, kalau keadaan selalu saja tidak kondusif. Perlu diperhatikan untuk Indonesia terutama pihak PSSI agar meminimalisir keadaan yang selalu terjadi kekisruhan . Supaya FIFA tidak memberikan sanksi. Kalau memang FIFA memberikan sanksi kepada PSSI, kemungkinan Indonesia tidak boleh mengikuti event Internasional. Sangat disayangkan sekali apabila pemain sepak bola kita tidak bisa mengikuti event internasional.

Oleh karena itu, dihimbau pihak PSSI maupun menteri olahraga untuk merundingkan bagaimana cara mengatasi apabila tiba-tiba FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Dan juga memikirkan keadaan pemain sepak bola kita yang ingin mengikuti event internasional tersebut.

http://www.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar