Entri Populer

Kamis, 01 Maret 2012

Peran SI dalam Pembangunan

Peran SI dalam Pembangunan

1. Definisi Sistem Informasi

Menurut saya, sistem informasi adalah suatu sistem formal yang saling berkaitan dan saling berkomunikasi sehingga memperoleh suatu informasi. Informasi itu sendiri dapat berupa pengetahuan baru, teori, prinsip, ide, teknologi baru, desain baru,dll.

2. Peranan Sistem Informasi

Sistem informasi sangat berperan untuk menterpadukan semua unsur-unsur dan saling berhubungan sehingga sistem informasi tersebut harus dipandang sebagai suatu sistem tunggal, akan tetapi cukup kompleks sehingga perlu diuraikan menjadi subsistem-subsistem untuk perencanaan dan pengendalian pengembangannya serta untuk mengendalikan operasinya. Hakikat proyek sistem terhadap pengendalian proyek pada umumnya tepat. Hal ini menunjukkan penerapan paham sistem dalam pengembangan proyek sistem informasi berikut : Sistem informasi dirumuskan dan tanggung jawab sepenuhnya dibebankan pada satu orang, subsistem-susbsistem pengolahan informasi yang penting dirumuskan.

Adapun peranan SI dalam pembangunan yang lebih rinci adalah sebagai berikut :

1. Menganalisis suatu sistem pembangunan itu sendiri

2. Mengklasifikasikan model paradigma pembangunan

3. Mengendalikan jumlah penduduk pada tingkat yang berkelanjutan atau menunjang kehidupan selanjutnya.

Di zaman sekarang, teknologi sudah berkembang pesat . Apalagi untuk suatu pembangunan diperlukan teknologi canggih yang memiliki sistem yang akurat. Banyak sekali teknologi yang digunakan untuk pembangunan. Teknologi dan organisasi dapat dikelola, dan ditingkatkan untuk memberi jalan bagi era baru pertumbuhan ekonomi. Kemiskinan dapat hilang atau dihindari dengan memenuhi kebutuhan dasar dan menyediakan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan menyediakan kesempatan untuk memenuhi cita-cita akan kehidupan yang lebih baik. Dunia yang miskin akan sering mengalami bencana ekologis dan bencana lainnya.

Peran pemerintah juga sangat penting dalam pembangunan, sebagai pengurus maupun pengelola. Dimana pemerintah memiliki suatu sistem informasi sendiri dalam mengaplikasikan pembangunan. Yang terpenting adalah bisa merancang, membangun dan mengelola sistem tersebut.

Konsep pembangunan berkelanjutan mengimplikasikan batas, bukan batas absolut akan tetapi batas yang ditentukan oleh tingkat masyarakat dan organisasi sosial mengenai sumber daya alam serta kemampuan biosfer menyerap pengaruhpengaruh kegiatan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar